Penilaian iklim k3

Penilaian iklim k3

 

Penilaian iklim k3 Saat ini iklim k3 digunakan secara luas untuk menggambarkan kondisi budaya k3. Mungkin hal tersebut terjadi karena penilaian iklim k3 dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan murah. Selain itu hasil penilaian iklim k3 bersifat inkonsisten, berubah ubah. Bila kemudahan tersebut difahami dan bukan untuk menggambarkan budaya k3, maka tujuan penilaian menjadi baik dan bisa bermanfaat. Namun bila memanfaatkan iklim k3 untuk maksud menggambarkan budaya k3 perusahaan adalah tindakan yang kurang tepat. Penilaian iklim k3 dan penilaian budaya k3 masing masing memiliki kekuatan dan kelamahan. Karena itu memanfaatnya keduanya haruslah pada tempatnya.

iklim k3, penilaian iklim k3

Grafik naik turun

Iklim k3

Yang penting diingat budaya k3 dan iklim k3 dua hal yang berbeda, walaupun memiliki kemiripan dalam prinsip dasarnya. Cara menilai budaya k3 dan menilai iklim k3 juga berbeda. Perbadaan sifat dari hasil penilaiannya yang paling menonjol adalah dalam hal kestabilan, konsistensinya dari waktu ke waktu. Ilklim k3 dia labil dan sangat mungkin berubah ubah dari waktu kewaktu. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor didalam perusahaan, dimana faktor-faktor tersebut mengakibatkan perubahan pada karyawan yang di survey. Oleh karena alasan tersebut hasil penilaian iklim k3, yaitu iklim k3, tidak tepat untuk menggambarkan status budaya k3 perusahaan. Beberapa tahun belakangan sejak banyaknya publikasi tentang budaya k3, maka banyak tumbuh kebutuhan untuk menilai budaya k3. Dalam perkembangannya berkembang konsep iklim k3 dimana ia lebih menggambarkan snapshot dari budaya k3. Dan penggunaan iklim k3 berkembang luas. penilaian iklim k3 banyak dilakukan. Karena kita memahami budaya k3 adalah tujuan bagi banyak kalangan, maka yang sering terjadi adalah iklim k3 dianggap sebagai budaya k3. Sementa kita mengetahui iklim k3 hanyalah merupakan potret sesaat dari gambaran budaya k3. Karena sifat iklim k3 yang sensitif terhadap perubahan, saya berpendapat sifatnya yang seperti itu dapat dimanfaatkan untuk membangun budaya k3. Yang diperlukan adalah sebelum memanfaatkannya tentu harus memahami faktor-faktor yang dapat menjadikannya berubah berubah. Karena itu sesungguhnya menggunakan iklim k3 dengan tepat dapat menghasilkan manfaat yang baik dalam menggembangkan budaya k3.

Memanfaatkan iklim k3

Dibalik kelemahan sifat dan karakteristik iklim k3 ada kekuatan yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang bermanfaat untuk mengembangkan budaya k3. Hal ini bisa dijadikan tantangan bagi profesional k3, peruhaan dan konsultan k3 khususnya budaya k3.

Postingan yang mirip

Program k3 dan budaya k3
Maturitas budaya k3 / Safety Culture Maturity
Budaya k3 perusahaan
Budaya k3 yang kuat (pengalaman kunjungan)
Tingkatan budaya k3
Penilaian budaya k3