Depok, Jabar
satrya.net@gmail.com

Probabilitas dalam penilaian risiko k3

Komunitas Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Probabilitas dalam penilaian risiko k3

Penilaian risiko k3, analisis risiko k3, manajemen risiko k3, manajemen risiko, risk assessment, HIRA, IBPR

Penilaian Risiko K3

Penilaian risiko k3 pada setiap pekerjaan, setiap hazard pada pekerjaan adalah sesuatu yang tak bisa dihindari. Tanpa melakukan hal ini, penerapan k3 tidak memiliki makna. Untuk meningkatkan kualitas penilaian risiko k3 yang kita lakukan, dibawah ini dibahas secara garis besar beberapa hal yang perlu diluruskan dan diterapkan dengan baik dan benar.

Istilah probabilitas biasanya digunakan didalam penilaian risiko k3 secara kuantitatif. Sedangkan didalam penilaian risiko k3 secara kualtitatif digunakan istilah likelihood. Besar atau kecilnya risiko sangat dipengaruhi oleh besar atau kecilnya probabilitas. Probabilitas harus ditautkan pada kejadian yang tak diharapkan (unexpected event). Tidak akan ada perlakuan probabilitas bila tak ada event. Ingat terori probabilitas melempar coin logam.

Unexpected Event

Ada baiknya kita bisa membedakan dengan baik antara: Hazard, Objek yang diancam hazard, kejadian yang tidak diharapkan yang menyebabkan timbulnya kontak antara hazard dan objek, dampak (loss), dan risiko. Secara umum interaksi masing variabel tersebut dalam kejadian kecelakaan adalah:

  • Melalui Unexpected event terjadi kontak antara hazard dan objek. Biasanya jumlah event tersebut melebihi satu. Minimal seperti ini: Event 1: terjadi kontak hazard dan objek; Event 2: tidak terjadi kontak. Event 1 biasanya disebut kejadian gagal, dan event 2 kejadian sukses (artinya sukses menghindari kecelakaan).
  • Karena ada dua event atau lebih, maka pada masing masing event tersebut diperkirakan masing masing probabilitasnya.
  • Menetapkan kerangka kejadian (skenario), bagaimana hubungan satu event dengan event lainnya. Apakah hubungan dua event berbentuk linear, atau paralel.

Probabilitas dari Event

Perhitungan probabilitas atau likelihood tidak boleh asal-asalan. Sebab disinilah kunci penilaian risiko k3 yang akan terjadi. Dan dari hal ini pula kita dapat menetapkan cara-cara pengendalian risiko yang sesuai dan benar. Yang perlu diingat adalah probabilitas tak bisa diterapkan / diperhitungkan apabila satu hazard diperkirakan hanya memiliki satu unexpected event. Dengan kata lain probabilitas adalah cara menggambarkan ketidak-pastian bila kita menduga ada beberapa kemungkin terjadinya unexpected event.

Bila terdapat dua event atau lebih maka yang perlu dilakukan menetapkan bagaimana hubungan antara event event tersebut. Sebab perhitungan probabilitas hubungan event yang paralel berbeda dengan yang hubungan event linier.

Peniliaian risiko k3

Setelah mengidentifikasi dan menetapkan hal-hal penting diatas, maka besaran risiko dapat dihitung dengan formula yang sederhana, yaitu:

Risiko = p x Loss

  • p = probabilitas dari unexpected event yang menyebabkan suatu loss
  • Loss = kerugian yang diakibatkan unexpected event diatas..

manajemen risiko k3, manajemen k3, hazard k3, risiko k3, SMK3, ergonomi, konsultan k3, HIRADC, HIRA, uncertainty dalam risiko k3

Postingan yang mirip:

Pemahaman singkat manajemen risiko
Yang Terlupakan Didalam Manajemen K3
Praktek Penilaian Risiko