Depok, Jabar
satrya.net@gmail.com

Peran Ergonomi Dalam K3

Komunitas Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Peran Ergonomi Dalam K3

Ergonomi, hazard ergonomi, bahaya ergonomi, kecelakaan kerja, keselamatan kerja, kesehatan kerja

Ergonomi, bahaya ergonomi, risiko ergonomi, hazard ergnomi, sistem kerja ergonomi, pernilaian risiko ergonomi, ergonomi dan keselamatan kerja, ergonomi dan k3, ergonomi dan kesehatan kerja

Ergonomi dan kecelakaan kerja, ungkapan yang sering ditanyakan seperti apa hubungannya antara ergonomi dan kecelakaan kerja, dan kesehatan kerja.

Dalam konteks kecelakaan kerja, ergonomi yang buruk menempati posisi sebagai hazard yang biasa disebut hazard ergonomi atau bahaya ergonomi. .Sebagian besar pekerjaan masih dilakukan, atau melibat peran manusia (sekitar 80%). Oleh sebab itu peran ergonomi dalam k3 memiliki kontribusi cukup besar dalam menimbulkan kecelakaan dan gangguan kesehatan pekerja. Ergonomi dan keselamatan kerja seperti dua hal yang tidak bisa dipisahkan.

Ergonomi dan kecelakaan kerja

Hubungan ergonomi & kecelakaan kerja terletak pada hazard ergomi yang disebabkan buruknya disain pada sistem kerja. Sistem kerja ergonomi yang dimaksudnya adalah:

  • Buruknya disain pada pekerjaan
  • Buruknya disain pada alat kerja
  • Buruknya disain pada lingkungan kerja.

Untuk ketiga disain diatas kita sebut dengan sebutan pendek yaitu Disain Ergonomi. Disain Ergonomi yang buruk akan menyebabkan pekerja gagal memanfaatkan fungsi tubuhnyya yang digunakan untuk bekerja. Kegagalan tersebut akan menyebabkan Error dalam prosedur, dan gagal mencegah terjadinya kecelakaan.

Dalam banyak literatur tercatat banyak kejadian yang merugikan karena buruknya pertimbangan ergonomi didalam sistem kerja. Mungkin karena kurang disadari, pertimbangan tersebut terlupakan sehingga bahkan mendatangkan kecelakaan berskala besar. Mungkin anda pernah mendengar kecelakaan Bhopal, salah satu kajiannya disana mengatakan terdapat kesalahan didalam pengaturan / prosedur shift kerja. Sehingga pensan penting dari petugas shift sebelumnya tidak sampai pada petugas pengganti. Pada kasus ini dapat dikategorikan masalah ergnominya adalah Disain Pekerjaan Yang Buruk.

Disain Ergonomi

Disain yang ergonomis dimaksudkan apabila disain anggota sistem kerja sesuai dengan karakteristik pekerja. Ketika hal tersebut tercapai maka sistem kerja dalam kondisi minimal dalam menimbulkan kesalahan bertindak, gagal bertindak dengan tepat.pada pekerja. Disain sistem kerja yang baik sisi ergonominya adalah sistem kerja dimana pekerja tidak merasa bekerja. Semua sub sistem yang disekelilingnya sangat cocok, nyaman, dan hal ini akan menghasilkan kerja yang efisien, efektif, dan dapat meningkatkan produktifitas.

Hazard ergonomi adalah hazard yang disebabkan oleh buruknya disain pada sistem kerja. Hazard ergonomi adalah disain yg buruk pada sistem kerja. Disain sistem kerja yang buruk dapat berikat pada aspek keselamatan kerja (seperti timbulnya kecelakaan), dan aspek kesehatan sepertinya timbulnya penyakit akibat kerja.

manajemen risiko k3, manajemen k3, hazard k3, risiko k3, SMK3, ergonomi, konsultan k3, HIRADC, HIRA, uncertainty dalam risiko k3

Postingan yang mirip:

Bahaya ergonomi

Youtube

 

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial