Depok, Jabar
satrya.net@gmail.com

Pengalaman menarik berkunjung ke perusahaan

Komunitas Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Pengalaman menarik berkunjung ke perusahaan

Budaya k3, budaya keselamatan dan kesehatan kerja, budaya k3 kerja, budaya k3 di perusahaan, budaya keselamatan,

Diskusi ini arahnya melihat bagaimana budaya keselamatan kesehatan kerja perusahaan. Sekitar awal tahun 2012 yang lalu saya mendapat pengalaman menarik dan bagus ketika berkunjung ke satu perusahaan asing yang berlokasi di kepulauan Riau. Ketika dalam pembicaraan telefon dikatakan kepada saya, bahwa perusahaan tersebut membutuhkan jasa konsultasi. Tetapi tidak dijelaskan bidang apa, topik apa, masalah apa ketika ditanyakan. Dikatakan kepada saya “nanti bapak lihat sendiri di lapangan”. :-).

Setelah sampai di site, pihak perusahaan mengajak saya duduk bersama mereka menghadapi layar komputer. Mereka sambil menyajikan dan menjelaskan beberapa data berupa tabel, grafik tentang pencapaian upaya K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) di perusahaan. Ketika itu juga didampingi oleh direktur utama perusahaan yang berkebangsaan Canada.Setelah sekitar 30 menit menyimak penyajian data dari komputer, saya masih belum mengerti apa yang mereka maksud berkaitan dengan kunjungan saya. Saya masih belum faham dalam hal apa saya bisa membantu mereka..

Kepedulian tinggi pada Nearmiss

Akhirnya saya bertanya, apa tugas dalam kedatangan saya ini. Saya hampir tidak percaya ketika mereka menjawab “kami ingin menghilangkan kejadian nearmiss itu pak, mohon dibari arahan”. “Hanya itu” tukas saya. “Ya betul” jawab si bule boss. Kami inginkan semua karyawan dan semua stakeholder kami bisa bekerja dan berpartner dengan tenang, tanpa kekuatiran karena semua hal-hal yang mengancam terkendali lanjutnya. Disampaikan juga pada saya bahwa mereka tak inginkan orang datang bekerja dalam kondisi baik, lalu pulang dalam keadaan menderita kecelakan dan gangguan kesehatan, walaupun kecil. Wah ..  so luar biasa saya berguman dalam hati.

Stop Pekerjaan

Untuk meyakinkan saya. boss bule langsung mengajak saya keliling site, melihat situasi langsung. Dan dikatakan kepada saya bahwa saya bebas mewawancarai semua karyawan baik dgn izin ataupun diam2. Sepanjang berkeliling, saya perhatikan hampir pada setiap tempat strategis ditemukan poster besar bertuliskan “stop pekerjaan, bila menemukan ada bahaya”. Saya berfikir pesan itu adalah untuk siapa saja karyawan yang membacanya. Artinya siapapun dan apapun jabatan karyawan disana dapat memutuskan “stop pekerjaan”. Lalu saya tanyakan bule tersebut, “Apakah pesan itu serius, dan bisa di eksekusi oleh tiap karyawan?. Apakah perusahaan tidak kuatir bila mereka diberi keleluasaan dan tanpa konsultasi terlebih dahulu”. Dia jawab santai “peruhaan pasti beruntung bila melakukan hal itu. mereka telah membantu perusahaan meningkatkan kinerja K3”. Rupanya karyawan disana sudah terlatih tentang hal itu. Karena untuk meyakinkan, saya minta waktu agar bisa keliling tanpa ditemani. dan saya leluasa bincang bincang langsung dengan karyawan. Benar sama pengakuan boss mereka dan karyawan.

Setelah keliling site, akhirnya diskusi dikantor. dan dilanjutkan keesokan harinya. Setelah dua hari saya disana saya pamit pulang, dan ketika saya tanyakan laporan saya nanti seperti apa yang anda inginkan. Si bule menjawab, “kami tak membutuhkan paper, diskusi kemarin dan hari ini lebih dari cukup”.

Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Bagaimana sobat K3 pembaca menilai. seperti apa budaya k3 mereka. seberapa kuat budaya k3 yang mereka miliki?. Pengalaman yang saya alami sangat langka. dan baru kali ini saya mengalami dan melihat pengelolaan pekerjaan dengan mengutamakan safety dengan sangat tinggi.

Lihat juga link dibawah ini

Budaya Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Utamakan Keselamatan Kesehatan Kerja