Google+
SATRYA Safety Network
Jaringan Profesional Keselamatan dan Kesehatan Kerja

BUDAYA KESELAMATAN KERJA, SAFETY CULTURE



K3, Keselamatan Kesehatan Kerja, Keselamatan Kerja, Occupational Safety



Budaya K3, sering menjadi topik yang simpang siur. Halaman ini memberikan tuntunan singkat tentang: Budaya K3, mengukur budaya k3, cara meningkatkan budaya k3, safety leadership.

Bahasan disini masih kurang dari mencukupi, untuk info lebih lanjut silahkan kontak kami.




Budaya Keselamatan


innovaeditor/assets/admin/Involvement.jpg

Budaya Keselamatan

Budaya K3. Keterlibatan Karyawan dalam K3

Saat ini masyarakat K3 memperkuat budaya K3 dengan cara salah satunya adalah mempromosikan pemberdayaan karyawan yang diterjemahkan menjadi peningkatan tanggung jawab dan akuntabilitas karyawan. Manajemen perlu memahami dan menyadari bahwa karyawan adalah aset perusahaan, bukan hanya sekedar kewajiban dan beban.

Keterlibatan Pekerja

Budaya K3 dapat berkembang bila terdapat keterlibatan pekerja secara penuh dalam K3 ( Keselamatan dan Kesehatan Kerja ). Hal ini ditunjukkan dalam partisipasi penuh mereka dalam pengelolaan K3 ( Keselamatan dan Kesehatan Kerja ) seperti dalam hal: penyediaan informasi, melaksanakan dan memberikan instruksi, keikutsertaan dalam pelatihan, konsultasi dengan sesama pekerja, dengan klien perusahaan.

Namun , pada keterlibatan penuh yang paling efektif menciptakan budaya K3 di mana hubungan antara pengusaha dan karyawan didasarkan pada kolaborasikepercayaan dan pemecahan masalah bersama. Karyawan terlibat penuh dalam menilai risiko ditempat kerja, karyawan juga terlibat didalam peninjauan ulang dan perubahan / perbaikan pada kebijakan K3 dalam bentuk hubungan kemitraan dengan majikan.

budaya k3, keselamatan kesehatan kerja, manajemen k3, sistem manajemen k3

Lingkungan kerja selalu dinamis, tiap saat bisa berubah. Oleh sebab itu mengandalkan solusi kepada sesuatu yang statis adalah mustahil, seperti kepada dokumen, prosedur baku, dan lain lain. Keterlibatan kecerdasan pekerja dapat mengatasi hal ini.



posted by Chandra |


Bagikan pada teman via:


Ringkasan publikasi baru:


 •	budaya, k3, perusahaan, pengembangan, evaluasi, konsultan, pelatihan, training, audit, konsultasi, audit, penilaian, asesmen, keselamatan, kesehatan, kerja, budaya k3 perusahaan, dan, metode, teori, tip, trik RSS





home



PILIH TOPIK



TOPIK



PILIH TOPIK


•	budaya, k3, perusahaan, pengembangan, evaluasi, konsultan, pelatihan, training, audit, konsultasi, audit, penilaian, asesmen, keselamatan, kesehatan, kerja, budaya k3 perusahaan, dan, metode, teori, tip, trik RSS


Arsip



ADMIN



admin*


NOTE: Keselamatan (Safety) merupakan area, tema besar didalam K3 ( Keselamatan dan Kesehatan Kerja). Keselamatan berkaitan dengan kecelakaan, Keselamatan juga berkaitan dengan kerusakan / kerugian besar pada aset perusahaan. Iptek Keselamatan saat ini berkembang dalam beberapa kategori. Pengkategorian yang sesuai sifat bahayanya bisa seperti: keselamatan kerja, keselamatan kimiawi, keselamatan bahaya besar, keselamatan proses. Pengkategorian sesuai bidang pekerjaan, seperti: keselamatan manufaktur, keselamatan konstruksi, keselamatan pertambangan, keselamatan kelautan / keselamatan maritim, keselamatan perkembunan, keselamatan penerbangan, keselamatan oil & gas, banyak lagi. Namun dari kesemuanya terdapat suatu kesamaan, dan hal tersebut bisa kita sebut inti dari iptek keselamatan.